Lorem Ipsum Dolor .......

Lorem ipsum lorem ipsum lorem ipsum lorem ipsum.......


Comiket
(Comic Marketコミックマーケット)

1.     Pendahuluan

Tradisi bercerita melalui gambar di jepang telah ada pada abad ke 12. Biksu Budha di Jepang pertama kali mulai meniru gambar Cina, menggambarkan legenda, pertempuran, cerita-cerita keagamaan dan kehidupan sehari-hari pada gulungan kertas. Manga adalah Suatu bentuk seni yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa sehingga membentuk jalinan cerita yang dicetak di atas kertas dan dilengkapi dengan teks atau yang sering disebut komik. Di jepang itu sendiri semakin tahun semakin banyak penggemar manga, sehingga didirikanlah comic market.
Comic Market (コミケット, (Komiketto ), atau dikenal sebagai Pasar Komik (コミックマーケット, Komikku Māketto ). Comiket adalah pameran dan pasar dōjinshi terbesar di dunia yang diadakan setahun dua kali (Agustus dan Desember) di Tokyo, Jepang. Pameran dilangsungkan selama 2 atau 3 hari di gedung Tokyo Big Sight (Pusat Pameran Internasional Tokyo) dan dikunjungi sekitar setengah juta pengunjung. Sebagai item yang dijual di Comic Market dianggap sangat jarang (karena dōjinshi jarang dicetak ulang), beberapa item yang terjual di Comic Market dapat ditemukan di toko-toko atau di Internet dengan harga sampai dengan 10 kali harga asli item.
A.      Sejarah
Comic Market didirikan pada tahun 1975 oleh Yoshihiro Yonezawa. Diadakan pertama kali di gedung Nissho Hall, Toranomon, Tokyo pada 21 Desember 1975. Pameran yang pertama hanya diikuti 32 circle, dan dihadiri sekitar 700 pengunjung. Pameran mulanya diselenggarakan setahun 3 kali mengikuti waktu liburan sekolah di Jepang, tapi Comiket musim semi tidak lagi dilangsungkan sejak tahun 1983. Pameran ke-2 hingga ke-4 (1976) dilangsungkan di gedung Itabashi Sangyō Rengō (Federasi Industri Itabashi). Pameran dilangsungkan di Makuhari Messe, Prefektur Chiba sejak musim dingin 1989 hingga musim dingin 1990. Tokyo Big Sight menjadi arena penyelenggaraan Comic Market sejak musim panas 1996 (C50).



2.      Isi

Comic Market diadakan dua kali setahun, satu kali pada bulan Agustus, dan sekali pada bulan Desember. . Ini biasanya disebut sebagai NatsuComi (コミ, Natsukomi ) dan FuyuComi (コミ, Fuyukomi ) (kontraksi of Summer dan Winter Comic Market) adalah masing-masing. NatsuComi tiga hari yang panjang, dan biasanya diadakan selama akhir pekan sekitar 15 Agustus. FuyuComi adalah dua atau tiga hari yang panjang, dan biasanya diselenggarakan antara Desember 28 dan 31. Lokasi konvensi saat ini adalah Tokyo Big Sight pusat konvensi dekat Ariake , di Odaiba , Koto, Tokyo.
Pameran yang pertama hanya diikuti 32 circle, dan dihadiri sekitar 700 pengunjung.Pameran ke-2 hingga ke-4 (1976) dilangsungkan di gedung Itabashi Sangyō Rengō (Federasi Industri Itabashi). Pada saat itu, pesertanya belum mencapai 100 circle Antrian pengunjung mulai terlihat pada sejak pameran ke-5 (1977) yang diadakan di Gedung Industri Kota Ota (Ōta-ku Sangyō), Tokyo. Jumlah peserta pameran ke-13 sudah mencapai 300 circle, dengan pengunjung sekitar 4 ribu orang.
Jumlah pengunjung dan peserta makin bertambah banyak setelah pameran dilangsungkan di Kawasaki Citizen Plaza (1980-1981), dengan peserta sebanyak 350 hingga 400 circle dan 7 ribu orang pengunjung. Pada pameran ke-18, jumlah peserta sudah mencapai 500 circle dengan pengunjung lebih dari 10 ribu orang. Selanjutnya dari pameran ke-40 (musim panas 1991) hingga pameran ke-49 dilangsungkan di Tokyo International Trade Center di Harumi, Tokyo.Setiap tahunnya jumlah pengunjung dan peserta terus bertambah hingga mencapai sekitar 500 ribu orang pada pameran ke-63 pada tahun 2002.
Pasar Komik situs resmi menyarankan waktu peserta pertama tiba di sore hari untuk menghindari harus mengantri. Mereka tiba di 10:00 dapat berharap untuk menunggu dalam antrian untuk sekitar satu jam sebelum bisa masuk. Peserta yang tiba di kereta pertama, dapat berharap untuk menunggu sekitar lima jam sebelum masuk di sekitar 10 atau 10:30.
Sekitar 35.000 penjual, yang dikenal sebagai lingkaran, berpartisipasi dalam Comic Market sebagai tahun 2001. Sebuah bertemu 510.000 peserta diperkirakan dalam waktu tiga hari, tetapi jumlah ini terus meningkat. Karena jumlah ekstrim orang berkumpul di satu tempat saja, perusahaan telepon selular membuat antena sementara yang biasanya digunakan saat antena stasioner berada di luar layanan.

0 komentar:

Posting Komentar