Comiket
(Comic
Marketコミックマーケット)
1.
Pendahuluan
Tradisi bercerita melalui gambar di
jepang telah ada pada abad ke 12. Biksu Budha di Jepang pertama kali mulai
meniru gambar Cina, menggambarkan legenda, pertempuran, cerita-cerita keagamaan
dan kehidupan sehari-hari pada gulungan kertas. Manga adalah Suatu bentuk seni
yang menggunakan gambar-gambar tidak bergerak yang disusun sedemikian rupa
sehingga membentuk jalinan cerita yang dicetak di atas kertas dan dilengkapi
dengan teks atau yang sering disebut komik. Di jepang itu sendiri semakin tahun
semakin banyak penggemar manga, sehingga didirikanlah comic market.
Comic Market (Komiketto
), atau dikenal sebagai Pasar Komik
(コミック Komikku
Māketto ). Comiket adalah pameran dan pasar dōjinshi terbesar di dunia yang diadakan
setahun dua kali (Agustus dan Desember) di Tokyo, Jepang. Pameran dilangsungkan
selama 2 atau 3 hari di gedung Tokyo Big Sight (Pusat Pameran Internasional Tokyo)
dan dikunjungi sekitar setengah juta pengunjung. Sebagai item yang dijual di Comic Market dianggap
sangat jarang (karena dōjinshi jarang dicetak ulang), beberapa item yang
terjual di Comic Market dapat ditemukan di toko-toko atau di Internet dengan harga
sampai dengan 10 kali harga asli item.
A. Sejarah
Comic Market didirikan pada tahun
1975 oleh Yoshihiro Yonezawa. Diadakan pertama kali di gedung Nissho Hall,
Toranomon, Tokyo pada 21 Desember 1975. Pameran yang pertama hanya
diikuti 32 circle, dan dihadiri sekitar 700 pengunjung. Pameran mulanya
diselenggarakan setahun 3 kali mengikuti waktu liburan sekolah di Jepang, tapi
Comiket musim semi tidak lagi dilangsungkan sejak tahun 1983. Pameran
ke-2 hingga ke-4 (1976)
dilangsungkan di gedung Itabashi Sangyō Rengō (Federasi Industri
Itabashi). Pameran dilangsungkan di Makuhari
Messe,
Prefektur Chiba sejak musim dingin 1989 hingga
musim dingin 1990. Tokyo Big Sight menjadi arena penyelenggaraan Comic Market sejak musim
panas 1996 (C50).
2. Isi
Comic Market diadakan dua kali
setahun, satu kali pada bulan Agustus, dan sekali pada bulan Desember. . Ini biasanya disebut sebagai NatsuComi (夏 Natsukomi ) dan FuyuComi (冬 Fuyukomi ) (kontraksi of Summer dan
Winter Comic Market) adalah masing-masing. NatsuComi tiga hari yang
panjang, dan biasanya diadakan selama akhir pekan sekitar 15 Agustus. FuyuComi
adalah dua atau tiga hari yang panjang, dan biasanya diselenggarakan antara
Desember 28 dan 31. Lokasi konvensi saat ini adalah Tokyo Big Sight pusat
konvensi dekat Ariake , di Odaiba , Koto, Tokyo.
Pameran yang pertama hanya diikuti 32 circle,
dan dihadiri sekitar 700 pengunjung.Pameran ke-2 hingga ke-4 (1976) dilangsungkan di gedung Itabashi
Sangyō Rengō (Federasi Industri Itabashi). Pada saat itu, pesertanya belum
mencapai 100 circle Antrian pengunjung mulai terlihat pada sejak pameran
ke-5 (1977) yang diadakan di
Gedung Industri Kota Ota (Ōta-ku Sangyō), Tokyo. Jumlah peserta pameran ke-13
sudah mencapai 300 circle, dengan pengunjung sekitar 4 ribu orang.
Jumlah pengunjung dan peserta makin bertambah
banyak setelah pameran dilangsungkan di Kawasaki Citizen Plaza (1980-1981), dengan peserta sebanyak 350 hingga
400 circle dan 7 ribu orang pengunjung. Pada pameran ke-18, jumlah
peserta sudah mencapai 500 circle dengan pengunjung lebih dari 10 ribu
orang. Selanjutnya dari pameran ke-40 (musim panas 1991) hingga pameran ke-49 dilangsungkan
di Tokyo International Trade Center di Harumi, Tokyo.Setiap tahunnya jumlah pengunjung dan
peserta terus bertambah hingga mencapai sekitar 500 ribu orang pada pameran
ke-63 pada tahun 2002.
Pasar Komik situs resmi menyarankan waktu
peserta pertama tiba di sore hari untuk menghindari harus mengantri. Mereka
tiba di 10:00 dapat berharap untuk menunggu dalam antrian untuk sekitar satu
jam sebelum bisa masuk. Peserta yang tiba di kereta
pertama, dapat berharap untuk menunggu sekitar lima jam sebelum masuk di
sekitar 10 atau 10:30.
Sekitar
35.000 penjual, yang dikenal sebagai lingkaran, berpartisipasi dalam Comic
Market sebagai tahun 2001. Sebuah
bertemu 510.000 peserta diperkirakan dalam waktu tiga hari, tetapi jumlah ini
terus meningkat. Karena jumlah ekstrim orang berkumpul di satu tempat saja,
perusahaan telepon selular membuat antena sementara yang biasanya digunakan
saat antena stasioner berada di luar layanan.
0 komentar:
Posting Komentar